Wednesday, November 8, 2017

MPASI BABY KELANA

Tepat tanggal 15 October 2017 lalu, anak gw akhirnya start buat MPASI juga atau istilah non-medis nya adalah "MULAI MAKAN".  Dan, setelah minta saran sana sini, gw menyimpulkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum start MPASI. Which is I'm sure, not all mum just agree with what I do, but here they were...


  • TENTUKAN HARI MEMULAI MPASI


kata beberapa pakar MPASI, memang betul MPASI sebaiknya dimulai 180 HARI setelah bayi lahir, JIKA BB nya mencukupi. Tapi sah-sah aja kalo mau mulai lebih cepat dengan alasan BB booster (menaikkan Berat Badan). Anak gw sebenernya nggak pernah ada di tepat garis Hijau KMS (Kartu Menuju Sehat) untuk masalah BBnya. Dia selalu 80 % ideal, which is menurut gw cukup. DSA nya pun juga menganjurkan untuk memulai MPASI di saat dia sudah 6 bulan, nggak usah terlalu cepet, nggak usah terlalu lambat. Dan anak gw bahkan memulai di saat dia tepat di usia 6 bulan, bukan maju 5 hari seperti kebanyakan orang karena mereka menghtung 180 harinya secara tepat.
  • PERSIAPKAN PERALATAN
Lebay sih, tapi mengingat keuangan keluarga kecil gw yang harus pinter diatur sana sini demi dana Sekolah dan Liburan, gw bahkan udah mencicil peralatan MPASI anak gw sejak dia usia 3 bulanan. Peralatan macem apa sih yang gw siapkan, well nanti gw bahas di postingan lain yak. Mengingat banyak banget dan gw habis dana almost 2 jutaan dan terbagi dalam beberapa fase pembelian sejak si bayi usia 3 bulan hingga dia menginjak usia 6 bulan.
  • BACA BUKU, KALO MALES, NANYA ORANG YANG UDAH PENGALAMAN
Gw sih dua-duanya. Buku juga gw minjem, gak beli. Gw baca abis dua teknik metode MPASI, yang lagi HITS tentunya gara-gara Bayinya si Andien artis itu yaitu teknik BLW dan yang kedua adalah teknik konvensional. Dari situ gw belajar banyak hal, dan juga tetep konsul sama dsa anak gw, sodara gw, ipar gw, nyokap, mertua, dsb. just for sharing and choosed the best way for her.
  • SUSUN JADWAL
H-START MPASI sebaiknya atur jadwal makan dan mau dibuatin apa. Biar gak bingung dan keteteran. Trus juga kalo bisa sih ke pasar/supermarketnya beberapa kali aja, jadi lo bisa belanja sekaligus untuk beberapa hari. Ini sih berlaku banget buat IBU TANPA ART kaya gw, yang mana, mendayagunakan waktu dan tenaga seefisien mungkin. Sehingga masih ada sisa tenaga untuk ngurus anak dan (kalo bisa) SUAMI.
  • TEKADKAN DIRI
As a mother, new mother lagi kaya gw, belajar itu setiap hari. Bahkan untuk belajar bahwa gw sudah menekadkan diri anak gw harus belajar makan pelan-pelan, jangan terburu-buru. Jangan pengen anak langsung bisa makan, itu NGGAK MUNGKIN. seminggu pertama malah anak gw banyakan main daripada makan. Bahkan dia bisa ga makan sampe habis. Tapi ya udah, gw santai aja. toh namanya juga MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang mana gw tau ASI tetep menjadi supply utamanya sampai umur 1 tahun. So, I guess I dont need any other milk tho.

Cuma itu sih persiapan batiniah gw buat menyambut Baby Kelana mulai makan. Gw juga nggak yang STRAIGHT banget. Jam makan anak gw juga sampe sekarang masih amburadul, yang penting sehari 2 kali dan 3 kali snacks. Itu pun kadang kepotong dia maunya main, maunya denger lagu favoritnya, atau bahkan molorrr. Jadi buat gw pun jadi IBU nggak harus idealis yang penting Anak Happy aja.






No comments: