Review Belanja di Orami.id by Bilna - LIFE AT TOMATO FAMILY

Friday, January 12, 2018

Review Belanja di Orami.id by Bilna



Sebagai Online Shoppers sejati, gue selalu membandingkan satu portal OS (online Shop) satu dengan yang lainnya sebelum membeli barang. Maklum yaaah, beda 20rb aja tetep berasa buat gue. DASAR EMAK-EMAK!😁

Beberapa faktor yang selalu jadi pembanding gue adalah lokasi OS, harga barang + total biaya antar, dan diskon.

Berhubung gue dapet voucher 50K dari Orami.id, dan menyadari diapers anak gue sudah mulai mendekati masa krisis, gue segera browsing ke portal tersebut buat ngecek dua harga merk diapers yang biasa anak gue pakai.

FYI, gue pakai dua merk diapers tipe premium buat kesehariannya. Bukan sok high class, tapi menurut gue dibanding gue harus sering-sering ganti diapers standar (pemakaian diapers standar 3 jam maksimum menghindari ruam) sedangkan anak gue ini doyan banget minum. Jadilah gue prefer pakai diapers premium, yang ketahanannya bisa sampai 5 jam di anak gue tanpa ruam.

2 merk diapers premium yang cocok di anak gue adalah Pampers dan Sweety Pantz Gold. Selain cocok di anak, cocok juga buat kantong emaknya. Karena meskipun premium, dia ngga bikin kantong jebol. Masih worth it lah kalau sehari anak gue cuma ganti 4 x diapers selang seling dua merk itu. Sisanya, gue sebenarnya tetep pakai diapers tipe standard, dan gue memilih Merries Pants Good Skin (yang harganya lebih ekonomis tapi kualitasnya mirip Mamypoko Pants Extra Dry, malah lebih soft menurut gue).

Diapers standar gue pakai di jam-jam nanggung, kaya yang bentar lagi mandi, bentar lagi mau pergi, bentar lagi mau jam tidur. Intinya yang pemakaiannya ngga lebih dari 2 jam.

Jadi kalo ditotal itu anak gue pakai Diapers premium sehari maksimal 4 x selang seling antara Sweety dan Pampers tergantung kebutuhan. Kalo pas tidur sih lebih sering Pampers karena dia lebih panjang dan lebar dibanding sweety. Dan maksimal 2 x pemakaian diapers standard. Itu pun semua gue bilang maksimal ya, bisa lebih sedikit pemakaiannya, tergantung ni bocah pup berapa kali atau misalkan kita sekeluarga lagi pergi ke luar rumah.

Back to Online Shop. Orami.id ini sebenarnya sudah terkenal di kalangan ibu-ibu sebagai portal OS yang khusus nyediain maternity and baby needs. Mereka juga sering ngadain arisan, event-event per-emak-emakan bahkan Seminar.

Selain Orami.id yang pernah dan gue sering pakai adalah Tororo.com dan JD.ID untuk yang nyediain kebutuhan bayi ya.

Sebagai portal OS khusus, mereka nyetok barang di warehouse, beda macem kaya Tokped atau Shopee yang di dalamnya isinya kumpulan seller. Kalau lu mau bandingin yang umum mungkin Orami.id ini mirip sama JD.ID, Blibli.com ataupun Bhineka yang udah nyetok barang duluan dan mereka punya jasa kirim khusus ke buyernya.

Setelah browsing, sebenarnya harga di Orami.id ya cukup bersaing kalau dibanding dengan Tororo.com. Cuma karena gue punya voucher 50k, membuat total biaya yang gue harus keluarkan di Orami.id jauh lebih murah. Dan yang gue suka dari portal OS khusus macem mereka ini, ngga ada tambahan biaya kirim lagi. Mau lu beli seberapa banyak, mereka akan kenakan FREE ongkir. Ya karena yang seperti gue bilang tadi, mereka punya jasa pengiriman khusus.

Sayangnya, pas gue melakukan pembayaran, sistem Orami.id agak eror. Sehingga hanguslah voucher 50K gue itu. Kesel banget dah. Akhirnya gue komplain ke mereka. Oya, di Orami.id ini ada sistem chat langsung sama CS nya. Kayanya hampir semua portal OS khusus menyediakan fasilitas itu deh. Gue check tororo.com ada juga. Jadi lebih nyaman, kita bisa langsung protes sama CS kalaua da masalah sama pembayaran kita kaya gue ini.

CS Orami.id langsung nanggapin keluh kesah gue dengan cepat. Dalam waktu beberapa jam, gue dikirimin lagi voucher 50K ulang. Tapi dengan syarat, gue harus hati-hati dalam pemakaian, karena kalau terjadi eror lagi, gue nggak bakalan di resend voucher untuk yang ke 3 kalinya.

Tanggapan email dari CS Orami.id yang gue terima di hari yang sama

Akhirnya gue pun memilih pembayaran dengan bank transfer, bukan cc kaya sebelumnya. You knowlah ya penggunaan CC udah biasa error di dunia per-onlinenan shop Indonesia. Jadi ya sudah, setelah gue transfer pun akhirnya orderan gue berhasil.

Butuh sekitar 4 hari untuk barang orderan gue sampai ke rumah. Asumsi gue waktu itu kena Sabtu Minggu, dan barang dianter hari Selasa ke rumah gue. Gue masih aman sebenernya karena stok diapers gue belom yang habis sepenuhnya. Jadi selama 4 hari itu gue masih bisa survive dengan ritme seperti biasa.

Dengan jangka waktu seperti itu, menurut gue masih wajar kok. Orang shipping macem JNE aja bisa sampai 3 hari. Itu yan kita bayar ya. Apalagi ini gratis. Gue udah dapet barang orderan gue di hari ke 4 itu menurut gue cepet.

Tapi, memang lebih lama kalau dibandingkan dengan JD.ID yang langsung sampai besoknya, atau Tororo.com yang sampai 24 jam kemudian.

Overall, gue sih puas belanja di Orami.id by Bilna. Kalaupun misalkan di luar sana banyak komentar negative yaaaa namanya juga persaingan dunia bisnis. Sebagai seller pun gue juga ngga bisa menghindari itu. Padahal gue cuma seller kecil. Apalagi kalau seller besar dengan karyawan mungkin minimal 10-20 orang. Pastilah tetap ada kemungkinan terjadi human error.

So, yang penting setiap OS tersebut mampu melayani dengan baik hingga barang sampai atau uang direfund. CS yang langsung memberi tanggapan di hari yang sama juga bisa jadi nilai tambah.

REPURCHARGES? YES.

2 comments:

Gita said...

sepengetahuan aku bilna.id itu bukan online shop melainkan e-commerce

destianasekar said...

Hehehe... Kalau di google sih orami.id adalah toko online yang menyediakan perlengkapan kebutuhan bayi, dsb... Coba dicek sis, cmiiw. Ecommerce itu masih kurang spesifik, menurutku loh ya...