Saturday, August 5, 2017

Finally, I am a Freelance Writer!

Jadi, passion gw dari dulu itu nulis. Mungkin emang pada dasarnya gw orang yang nggak bisa basa-basi, jadi yaaa penanggapan gw terhadap sesuatu itu selalu lewat tulisan. Beda sama orang yang emang dasarnya cas cis cus gitu sama orang lain, gw biasanya dikenal lebih pendiem saat pertama kenal sama orang tapi nggak bisa diem di pertemuan ke 2, ke 3 dst. That's why panggilan masa remaja gw adalah "Jutek". Soal sejarahnya gw dipanggil gitu, ntar gw bahas di postingan khusus yaaaa.

Nyokap gw, dari masa remaja emang suka baca novel Enyd Blyton, Laura Ingalls Wilder dan Agatha Christie sampai dese hamil gw dan kakak gw, hobi tsb tetap berlanjut. Believe it or not, Hobi dese nurun ke kakak gw dan juga gw. Dari kecil kita bahkan udah biasa baca novel yang isinya cuma tulisan dan gambarnya dikit-dikit doang sedangkan para anak kecil lain masih baca Candy-candy dan Doraemon. Komik begituan gw bisa lahap baca maks. satu jaman kalo menarik. Kalo boring ceritanya, bisa 2 jam.

Image result for buku enid blyton
Sumber: https://blognyamitra.wordpress.com/tag/enid-blyton/

Mungkin, itu yang membuat imajinasi gw berkembang. Dan waktu SD gw udah suka nulis cerpen-cerpen ala-ala detektif, percintaan bahkan horor. Berlanjut sampai SMA, di mana gw sampe bisa nyabet 2 penghargaan nasional sekaligus di tahun yang sama. Kalo nggak salah tahun 2004 waktu itu.

Trus, waktu masa gw SMA juga, blog mulai ngetrend, apalagi dengan diterbitkannya blog milik Raditya Dika yang diberi judul KAMBING JANTAN. Even gw ter-Inspired, gw baru benar-benar mempunyai blog sendiri untuk nulis itu di tahun 2011. Dan domain .com pun baru gw published di tahun ini.

Image result for kambing jantan edisi pertama
Sumber:https://jualbukudankomik.wordpress.com/2012/04/08/kambing-jantan-raditya-dika/

Gw inget, waktu gw lulus kuliah, gw pernah ngelamar jadi penulis di salah dua media terbesar di Indo. Pede abis, masih idealis, ngikutin keinginan dan berbekal piagam penghargaan nasional gw. Ada yang manggil gw buat seleksi tapi sayangnya  gw nggak sampai tahap akhir, mengingat ijasah gw adalah ijasah anak IT, which is ujung-ujungnya gw ditawarinnya bukan di bagian redaksi, tapi malah ke bagian IT karena ijasah gw yang nilainya bagus (Sombong? Dikitttt....)

Tahun 2011-2015an Gw yang mulai disibukkan sebagai karyawan di perusahaan xxx, beberapa kali sempat ngeblog, trus enggak, trus ngeblog lagi, begitu seterusnya. Lo bisa liat kalo di tanggal posting itu loncat-loncatnya random banget. But yeaaah, nulis masih menjadi pasion utama gw sebenernya.

Sampai akhirnya gw kemarin liat iklan dicari penulis lepas di sebuah media online. Ya iseng gw daftar, toh sekarang gw udah jadi Full time mom dan juga buka usaha online shop kecil-kecilan barang preloved sama temen deket gw. Lamaran gw kirim dan katanya baru dikasih tau keterima atau nggak maks. 48 jam kemudian.

Eh tapi ternyata 24 jam kemudian ada email masuk dan gw dinyatakan diterima. Secara resmi gw udah jadi freelance writer buat mereka. Dan diharuskan nulis artikel paling nggak setelah 7 hari gw dapet email notifikasi gw diterima. Alhamdulillah....

Gw harap kemajuan gw dibidang tulis menulis ini terus berlangsung sampai gw bisa menerbitkan karya sendiri. Gw inget banget gw perna dikomen sama salah satu wartawan "Suara Merdeka" bahwa gw suatu saat harus bisa nerbitin novel sendiri. Sampai saat ini gw cuma bisa mengaminkan hal tersebut.

xoxo.

No comments: