Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Rupiah Sendiri (part 2) - LIFE AT TOMATO FAMILY

Monday, August 14, 2017

Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Rupiah Sendiri (part 2)



Sesuai postingan gw sebelumnya di link ini, ada option lain kalo misalkan lo adalah ibu rumah tangga yang pengen menambah penghasilan:

1. IKUT KURSUS
Kursus emang agak mahal sih, tapi coba dibicarain aja sama suami. Mungkin bisa diagendain dan dibudgetin suatu hari nanti. Kursus itu banyak banget macemnya, cuma buat IRT kaya gue, better ikut kursus yang bisa menghasilkan. Contohnya: Kursus Jahit, Kursus Masak, Kursus Baking, Kursus Yoga/ Olahraga, Kursus Desain, Kursus Bikin Kopi, dsb yang kreatif lainnya tapi ketika lo udah selesai kursus minimal lo bisa membuat produk sendiri.
Kaya temen gw, dia ikut yoga waktu hamil, pas udah lahiran, ada training Yoga di Bali dan dese ikut. Sekarang dia buka Yoga khusus Hamil (Prenatal Yoga) sendiri di rumah yang bisa diatur sendiri waktunya.
Atau nyokap gw, yang abis pensiun masih pengen mengisi waktu luangnya yang bermanfaat, beliau nggak kursus secara resmi, tapi dese ikut tutorial ngejahit via internet, buku dll, akhirnya sekarang dese buka usaha pesanan handicraft gitu buat souvenir nikahan. Kalo lo minat bisa hubungi gw yah hehehe.

2. BROWSING INTERNET
Kalo browsing jangan gosip atau stalking kehidupan orang lain mulu. Coba cari kesempatan yang bisa membuat keahlian lo terpakai. Misalnya kaya gw yang suka nulis ya udah gw daftar aja di freelance yang bikin2 artikel gitu. Alhamdulillah ada media yang ngasih kesempatan gw buat proofing about my passion gratis pula.

3. IKUT ORANG
Takut memulai, bukan berarti nggak bisa apa-apa. Coba dekatin teman/ saudara yang punya bisnis sudah jalan. Kita ikut aja dia ke mana-mana. Nggak usah ngarep bakal digaji. Ambil aja ilmunya. Kalau udah, cermati baik-baik dan coba bikin bisnis yang minimal sama. Kalau orang yang diikutin keberatan ya nggak apa-apa, coba cari materi bisnis lain, tapi praktekin dengan cara yang sama sama temen lo.
Dulu, temen gw suka ngikut temen gw yang punya bisnis hijab. Kaya waktu kulakan di Tanah Abang, cari supplier, nge-adminin online shop dia, dll. Karena si temennya yang diikuttin ini nggak keberatan untuk buka bisnis yang sama, Eh akhirnya sekarang dese punya bisnis hijab sendiri. Rezeki udah ada yang ngatur, tapi kita harus rajin mencarinya juga.

4. BE CREATIVE
Skill doang nggak cukup. Lo harus kreatif. Contoh ni ye, bisa jahit tapi lo kudu liat pasar sekarang lagi hits apaan buat jadi souvenir. Oh ternyata yang lagi hits tas serut, ya udah lo bisa bikin tas serut, dengan kreatifitas lo sendiri. Misalnya dibuat model-model binatang dsb.

5. JANGAN TAKUT GAGAL
Gagal itu wajar. Tapi dari kegagalan juga kita bisa belajar. Kalau lo takut gagal berimbas pada finansial, coba cari usaha yang non-money oriented. Misalkan dropship. Jadi dropship itu enak, kita tinggal ongkang ongkang orang lain yang bekerja. Bedanya, segi marketing kita harus ditingkatin. Nah, ini yang agak susah. Secara gw juga kurang lihai dalam hal marketing. But, selow aja, belajar aja pelan-pelan.

Jadi, itu beberapa hal menurut gw yang bisa lo dapetin sebagai IBU RUMAH TANGGA (YANG NGGAK) BIASA. Jangan mau direndahin, tetep berpengetahuan luas, belajar setiap hari biar nggak kudet dan jangan lupa merawat diri.

Source pict: https://static.vecteezy.com/system/resources/previews/000/127/256/non_2x/super-mom-vector-illustration.png

No comments: