Tips Menyetir Sendiri sambil Membawa Batita - LIFE AT TOMATO FAMILY

Tuesday, January 16, 2018

Tips Menyetir Sendiri sambil Membawa Batita

Related image
Buat gue, menyetir itu kaya refreshing my mind. Fokus ke jalan, lihat pemandangan sekitar, apalagi ditambah syahdunya hujan dan gorengan, itu bener-bener bikin gue ngerasa punya dunia sendiri.

Selama hamil pun, gue sering nyetir ke mana-mana sendiri, ke rumah sakit buat senam hamil, ke rumah yogini gue buat prenatal yoga, ke supermarket belanja bulanan bahkan ke mall sekedar nonton atau hang out sama temen-temen gue. Ngga tau kenapa nyetir buat gue itu bener-bener bikin hati gue seneng. Sampe suami gue kadang ngebolehin istrinya nyetir kalo kita pergi bertiga, karena dia tahu, itu salah satu hal yang bikin gue nyaman dan senang.

Waktu awal-awal baby Lana lahir, gue jarang banget nyetir. Karena gue fokus urus dia di rumah. Kalopun gue nyetir, itu harus ada suami gue, seperti yang udah gue bilang sebelumnya. Jadi kalo mau ke mana-mana gue harus makek taksi online atau nunggu suami gue pulang.

Semenjak anak gue bisa duduk tegak, gue makin merasa gatel untuk mengajak anak gue nyetir berdua sama gue. Selain refreshing my mind, gue juga reopen online shop gue yang vakum selama gue baru aja lahiran. Which is gue kadang harus pergi ke jasa kirim macem JNE untuk ngedrop kiriman barang customer, yang ngga mungkin harus nunggu suami gue pulang dulu buat kirim orderan. Dan suami gue itu random banget jam pulangnya. Apalagi sekarang, semenjak dia pindah divisi. Kadang bisa pulang pagi-pagi buta. Sok kaya artis stripping sinetron dese.

Nah, setelah beberapa kali trial dan error, berikut tips menurut gue gimana caranya nyetir berdua dengan batita. Sekali lagi ini MENURUT GUE, bisa diterapin di anak gue, belum tentu bisa diterapin ke anak lain.

Here we go....
  • SEDIAKAN CARSEAT DAN PORTABLE CARSEAT
CARSEAT gue pasang di baris kedua tempat duduk. Jangan dipasang di belakang kursi kemudi, pasang di sisi seberangnya, jadi dia bisa lihat kita atau menyadari bahwa dia pergi bareng kita. Carseat cuma gue pakai waktu dia ngantuk dan mau bobok aja.
Gue dan si bocah dengan portable carseat. Di belakang ada carseat juga buat jaga-jaga dia tidur.
PORTABLE CARSEAT dipasang di kursi penumpang sebelah kursi pengemudi. Dipakai kalau baru awal-awal perjalanan. Gampang diinstal sih ini dan ngga makan tempat juga karena modelnya kaya belt gitu tapi ada bantalannya. Menurut gue Minusnya, portable carseat ngga bisa menyokong dengan nyaman waktu anak gue tertidur, jadi ketika dia tertidur, gue pindahin ke carseat belakang.

HINTS: JANGAN PASANG CARSEAT DI KURSI PENUMPANG SEBELAH KEMUDI JIKA AIRBAG KALIAN AKTIF. KENAPA? KALAU TERBENTUR, AIRBAG MENGEMBANG, CARSEAT AKAN TERLEMPAR DAN SI ANAK JUGA IKUT TERLEMPAR.
  • SEDIAKAN MAKANAN DAN MINUMAN
Sediain camilan yang banyak, bermacam-macam dan minuman air putih. Selain itu letakkan di tempat yang mudah terjangkau oleh kita. Jadi kalau mau restock atau ngasih minum si bocah gampang. Contohnya di dashboard mobil atau di dekat tempat rem tangan biasanya ada lekukan-lekukan kecil yang bisa dipakai.
  • SEDIAKAN VIDEO ATAU LAGU NURSERY RHYME
Ini jadi senjata wajib apalagi kalau dia mulai cranky dan bosan. Sepengalaman gue ini kepakek banget waktu di lampu merah, yang mobil cuma berhenti diem, panas terik dan dia udah rewel berat.
  • JANGAN LUPA MAINAN FAVORIT
Setiap anak pasti punya mainan favorit, kaya anak gue, mainan favoritnya itu teether bentuk pisang yang selalu jadi safety guardian nya dia kalo lagi duduk di stroller, duduk di carseat, duduk di baby chair, maupun waktu gue ketemu orang asing. Enah kenapa, teether pisang itu selalu berhasil bikin dia diem, nyantai dan tenang.
  • KALAU UDAH SIAP SEMUA, TRIAL DULU KE LOKASI YANG DEKAT
Gue trial pergi berdua sama anak gue waktu ke JNE deket rumah. Jaraknya cuma 10 menit perjalanan karena harus muter dulu (jalan searah). Setelah sukses pulang pergi, tambah waktu perjalanannya. Gue ajak dia ke Giant deket rumah yang jaraknya 15-20 menit lagi-lagi karena harus memutar (jalan searah). Padahal kalo ditarik garis lurus dia deket banget sama kompleks tempat gue tinggal.

Ke JNE dan GIANT gue sukses. Namun waktu gue tingkatin durasi waktu ke lokasi yang harusnya 30 menit perjalanan, dia mulai crangky. Perjalanan yang harusnya makan waktu 30 menit jadi 1 jam. Selain karena faktor banyaknya lampu merah, cuaca panas, sampai dia bosen banget ngga bisa main sama gue karena gue fokus nyetir.
  • KALAU MULAI NANGIS, MENEPI, TENANGIN DULU
Nah, perjalanan 30 menit yang menjadi 1 jam itu karena gue harus ke rumah sahabat gue. Jalanannya sih ngga macet, cuma gersang banget dan lampu merahnya durasinya lebih dari 1 menit semua (gue ada nemu 3 atau 4 kali lampu merah ke arah rumah dia). Di lampu merah ngga ada pohon, ngga ada apa-apa gitu yang bikin adem. Sedangkan cuaca naudzubillah panasnya bukan main.

Lana udah mulai grusak grusuk, video nursery rhyme sampe teether banananya ngga mempan. Di lampu merah, dia nangis sekenceng-kencengnya. Sampai gue diliatin sama pengendara motor sebelah, disangka gue nyulik anak kali ya HAHAHAHA. Mau ngga mau gue bertahan dengan menenangkan anak gue sebisanya. tangan dia udah meronta-ronta pengen dipeluk ama gue. Tapi itu ngga mungkin, kita lagi di lampu merah cuy.

Kalau gue turutin, pasti gue harus lepas portable carseatnya. Belom harus masang lagi. Pokoknya bisa makan waktu dah. Intinya, di lampu merah gue harus TEGA lihat dia nangis kejer. Kata temen gue yang udah expert sih, emang harus tega, jadi dia tahu ini kita lagi jalan raya bok, BAHAYA. Bukan jalane mbahmu.

Menyadari kalau jarak masih jauh, lepas dari lampu merah, gue segera cari tempat enak buat menepi. Akhirnya gue susuin dia pakai nursing cover. Pas udah tidur, gue pindahin ke carseat di jok belakang. Perjalanan pun dilanjutkan dan sampai di rumah sahabat gue dengan aman dan nyaman.
  • SIAPKAN MENTAL
Kata temen gue yang udah expert itu, mental emak nyetir bawa anak itu diujinya lebih serem dibanding diuji waktu bikin SIM. Dan itu benar. Ujian fokus sih yang menurut gue paling berat. Apalagi kalau anak lo udah mulai nangis kejer. Bisa ngga lo tetap fokus nyetir kalau memang kondisinya ngga memungkinkan untuk nepi. Contoh: di lampu merah, di jalanan macet, di tanjakan, di jalanan berkelok-kelok, di jalan tol yang ramai lancar, mau nepi aja susah.

Makanya itu yang gue bilang tadi, lo harus latihan durasi waktu dulu. Kata temen gue perjalanan bawa berdua sama batita itu durasinya maksimal 1 jam aja. Ngga apa-apa kalau lo harus dikit-dikit nepi, atau dikit-dikit nyuapin dia sambil nyetir. Pokoknya jangan kelihatan panik, karena kalo lo mudah panik, the safety journey become DANGEROUS instantly. MENTAL LO HARUS KUAT SEKUAT BAJA.
Image result for driving with baby cartoon

Itu aja sih pengalaman nyetir gue berdua sama anak gue. Sampai sekarang kalau sekiranya ngga memungkinkan gue lebih sering naik taksi online. Kaya semisal perjalanan bakalan macet, hujan deraaassss banget, tubuh kalian kurang fit, ngantuk dsb. Tapi kalau cuma yang deket-deket gue tetep pergi naik mobil. Ya kali ke JNE doang sama taksi online. Rugi di ongkos.

Oya, satu lagi, jangan lupa izin sama SUAMI LO. Alhamdulillah suami gue ngebolehin gue ngapa-ngapain. Dia tahu dia ngga selalu ada di samping gue. Jadi menyetir berdua kaya gini pun dia ngga ngelarang. Dia sih jarang larang gue ini itu. Asalkan itu masuk akal dia selalu ngebolehin aja.

Image result for driving with baby cartoon

2 comments:

Fanny f nila said...

Aku tuh sbnrnya kangeeeen pgn nyetir.. Tp kok ya paska kecelakaan bbrp thn lalu, masih agak trauma -_- . Jd ampe skr msh blm brani bawa mobil sendiri, apalagi bawa anak :D. Ntr dulu kali yaa. Apalagi ini jkt, whuahahah.. Stress di jln nya. Dulu aku masih bawa mobil kemana2 dan kecelakaannya pas di aceh :D.

destianasekar said...

@Fanny F nila ayoooo mba semangaaat. Jalanan jakarta agak lenggang kalo weekend. Apalagi kalo masih pagi. Tapi kalo udah siang dikit jam ngemall. Wakakakaka