Mencari SD di Tangerang : BINUS (Part 1) - LIFE AT TOMATO FAMILY

Tuesday, July 18, 2023

Mencari SD di Tangerang : BINUS (Part 1)

 

Udah tahun 2023 aja. Which is artinya gue kudu mulai nyari-nyari sekolah buat anak gue, karena tahun depan, dia udah SD. Gila, nggak berasa ya. Kayanya baru kemarin gue cari kerja lagi dan kebingungan cari Daycare yang sesuai standard gue, sekarang gue harus berkutat mencari SD.


Oke, karena banyak yang minta gue spill pengalaman gue School Visit di Binus, ya udah gue akhirnya akan cerita di sini as a PART 1. Kenapa PART 1? Karena gue masih akan Visit ke Binus lagi kedua kalinya di bulan Agustus 2023 nanti.



Yes, kemarin gue dan sobat gue, Ines, akhirnya dapet invitation buat School Tour. Invitation didapat kalo lo ngisi link yang bisa didapat saat mereka announced School Tour buat One Day Visit School Tour, semacam itulah, via sosmed mereka.


Dan kebetulan, si Ines, yang bercita-cita kalo the Twins, anak-anaknya buat sekolah di situ, semangat buat ngisi dan informed ke gue, agar gue juga ikutan.


Finally, the day, yang diadakan 14 Juni 2023 kemarin, datang.


Gue datang lewat gate dan jalan yang gue tahu, yang ada di deket kompleks Residence One (deket kantor Telkom BSD), berikut petanya.

Map Binus Deket Residence One Serpong


Actually, sebenarnya ada gate lain, selain gue dikasih tahu Ines, terpampang nyata di maket Binus yang ada di ruang admisi. Nih Pintu masuk gate lain yang gue maksud. Agak jauh dikit, tapi masih di jalan yang sama, lo terus aja ngikutin Map.


Map untuk gate Elementary School and below


FIRST IMPRESSION

Setelah gue parkir kendaraan, gue baru sadar kalo parkirannya lumayan gede dan kosong melompong (saat itu) untuk sebuah sekolahan. Gue buru-buru inget, ini bulan liburan sekolah. Ya tentu aja sepi. 


Dan, mengingat review google map-nya yang bikin macet kalo hari sekolah biasa, gue rasa parkiran segedeee ini juga bakalan tetep penuh sih.

Parkiran sekolah


Dari tempat gue parkir ya keliatan biasa aja sih. Just like normal school. Bertingkat, berwarna abu-abu dan banyak papan-papan informasi di setiap beberapa koridor. Beberapa bagian dinding juga diselingi warna-warna biar ga terlalu boring.


Sisa-sisa informasi soal Covid-19 masih ada. Trus, ada kursi-kursi warna merah sepanjang Lorong, yang gue yakini buat nunggu para murid dijemput ortunya.


Setelah deretan kursi itu, gue masuk ke bagian Gedung Admisi alias Admission Building. Waktu gue datang, bermunculan para ortu lain dan in total yang mau keliling untuk SD ada 4 ortu murid, termasuk gue dan Ines. Dua diantaranya, bawa anak mereka.


SCHOOL TOUR

Seorang karyawan perempuan nyamperin kita semua. Terus ngajak berkeliling. Bersama-sama dengan keluarga lain itu gue dan Ines mengikuti Ms. Metta, sesuai dia memperkenalkan diri. Kurang lebih selama 30-45 menit kita berkeliling. Asli gede banget itu sekolah. Gue sampe ngos-ngosan ama Ines. 9 hektar cuy.


Sambil muter, Miss Metta, marketingnya, nginfoin soal kelebihan Binus, contohnya kaya:

  • NO HOMEWORK. Cuma ada semacem Project.
  • Pembullyan dilarang, makanya ada psikolog stand by.
  • Saat pelajaran Agama, semua siswa bareng-bareng masuk ke ruangan agama masing-masing. Biasanya sih barengan seluruh angkatan.
  • Waktu puasa, anak yang beragama Islam boleh di dalam istirahat. Sedangkan yang lain, makan atau snacking time harus di area kantin.
  • Telat sekolah, mengurangi Poin, jadi tiap masuk, per anak renewal poin baru, tiap telat, mengurangi poin tersebut.
  • Pintu masuk Toddler-Kindergarten-Elementary beda dibanding yang Junior sama High School.
  • Gurunya mature & berpengalaman. Bahkan ada yang dari Luar negeri. 
Sisanya gw lupa. Jadi nanti gue update di PART 2 yagesya.

Secara garis besar, ni yah foto-fotonya:



Semacam lapangan atletik, tapi lebih sering dipakai 
murid Grade Middle School (SMP) dan High School (SMA)



Halaman Depan (Tempat Tunggu Murid)


Playground (Area Elementary dan KB TK)



Contoh classroom (music class)

Masih Music Class

Area Kantin. Pake sistem Tap Card (Flash, punya BCA). 
Menu kisaran 25,000 rate harga tahun 2023

Library Area

Library Area

Library Administration

Library Area

Contoh Classroom. Per kelas 25 anak.

Ruang Serbaguna. Marketingnya klaim, semua acara & event di sini.
Bahkan Graduation. Jadi gak usah sewa gedung di luar.

Ada Indomaretnya. LOL. Tapi Indomaret versi anak sekolahan.
Lo ga bakalan nemu alcohol, rokok, dll yang nggak appropriate.

Kolam Renang Internal. Nggak usah keluar sekolah kalo ada mapel/ ekskul berenang.


Lapangan BASKET

Luas KAN????

GIMANA NGGAK NGOS-NGOSAN, BUN????




Sebenernya sih kalo ignore macetnya, sekolah ini asyik. Tapi untuk biaya, asli mahal banget buat gue sebenarnya. Dan kata si marketing, tiap tahun bulanan bakalan naik sekitar 10 %


Jadi jangan harap biayanya bakalan flat tiap tahun. Tentu aja, meskipun dipaksakan, gue kayanya ga mau memaksakan diri sendiri untuk sekolah di sana. Walaupun suami gue, adalah alumni. Yg mana mungkin dapet keringanan biaya alias diskon. Tapi dari yang beberapa gue denger, diskon itu ga berlaku buat biaya bulanan sekolah.

Ini gue spill harga di Binus untuk kisaran tahun 2023/2024.



  • Enrollment Fee: 78 jt (belum termasuk diskon BINUSIAN (kalo parentsnya alumni Binus)), dibayarkan sekali, bisa cicil kayaknya.
  • Monthly fee: 5,4 jt (exclude (belum termasuk) jajan, transport biaya seragam, buku, ekskul, field trip, stationary dll)

Biaya Tambahan:

  • Seragam: 1.5 jt s/d 2 jt (2 set daily uniform, 1 vest, 1 set PE (baju olahraga))
  • Stationary : 865ribu (opsional, bisa beli sendiri di luar)
  • BUKU: 1.7 per paket (dapet 14 buku contoh: English, Indonesian, Islam, Math dll)
  • Ekskul: kurleb 150/ 200 ribu per ekskul (kalo nggak salah denger, nanti gw tanyain lagi pas Visit Binus ke 2 ye)
  • Biaya Makan: Makan siang di Binus bisa bekal atau jajan di kantin dengan biaya per meal 25.000 dan pakai Flash, jadi anak tinggal auto tap gitu. Jenis makanan beragam banget. Udah kaya Food court di mall.
Diskon sibling? TENTU ADAAA. Tapi cuma berlaku buat KANDUNG, sepupuan? NO. Ngaku sepupunya Presiden? No juga. Semua sama rata.

 


Mahal ya, ges ya? Banget. Bukan untuk level gue kayanya, seenggaknya SEKARANG.

informasi tambahan soal Binus:

contoh ekskul, cemacem bgt Bun, ya pantes aja pake fee alias bayar tambahan


JADWAL ANAK SD



Overall, begini penilaian gue untuk Binus (Score maksimal 5 bintang):

  • Fasilitas & kurikulum: ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Jarak rumah ke sekolah: ⭐⭐⭐ (kurang lebih 30 menit dari rumah gue, tapi macet ampun-ampunan kalau mau masuk area sekolah)
  • Ambience :⭐⭐⭐⭐⭐
  • Keamanan & kenyamanan : ⭐⭐⭐⭐
  • Biaya: ⭐⭐ (Masih mahal banget menurut gue kalau dibandingkan dengan budget gue yang under 5 jutaan perbulan)

 



Buat yang nanya, gue bakalan sekolahin anak gue ke sini apa gak? GUE BELUM TAHU. Asli, pening pala gue sekarang. Butuh Hujan Uang!!!!!




So, itulah hasil Visit Binus Part 1 gue. Nantikan di part 2 ya. Karena baru ada di Bulan Agustus. Gue bakalan Visit ke sekolah Lain dulu. CIAO!!!!

 Review sekolah lain (klik langsooong)...

Sophos School

Kinderfield BSD 2

BINUS PART 2 

 



No comments: