Mencari SD di Tangerang: SOPHOS SCHOOL INDONESIA - LIFE AT TOMATO FAMILY

Saturday, July 22, 2023

Mencari SD di Tangerang: SOPHOS SCHOOL INDONESIA

Hi, (not so REBAHAN) weekend!


Weekend gw kali ini bikinin review singkat setelah gw school tour yang singkat juga sama Ines. Jangan bosen ya sama doi. Soalnya cuma dia yang available dan gampang diajak diantara sela-sela pekerjaannya yang fleksibel.


Awalnya, tahun lalu, gue iseng nge-WA Sophos. Iseng tanya aja. Ternyata Miss Eva, marketingnya, di tahun ini, ngebroadcast parents yang tertarik masuk Sophos untuk tahu rincian biayanya. So, setelah Sophos nge-WA gw buat infoin biaya, mereka info juga bahwa, school tour bisa dilakuin cuma kalau weekday of school aja. Karena Sabtu Minggu sekolah tutup total. Nggak ada kegiatan sama sekali. 

Untuk itulah, gue rasa, mereka nggak ngadain OPEN HOUSE gede-gedean kaya sekolah lain. Selain itu, mereka lebih enak ngejelasin kalo hari sekolah berlangsung, jadi sekalian ngasih tahu gimana sih keadaan kegiatan belajar selama ini.


Sophos School letaknya deketan sama Eka Hospital BSD. Meskipun begitu, kemacetannya masih wajar menurut gue pribadi. Nggak ada antrian mengular kaya beberapa sekolah hits di daerah gue tinggal, Gading Serpong. Nih mapnya:





Waktu gue datang, di hari Jumat siang, ternyata kegiatan belajar masih berlangsung. Beruntungnya, jadi gue bisa lihat langsung hiruk pikuknya kaya gimana di jam pulang sekolah. Ternyata. Lumayan hectic ya. Cuman, gue salute, semua anak dikoordinir homeroom teacher, biar nggak langsung keluar nyelonong. Bener-bener tertib. Jadi nggak ada tuh yang berkeliaran di pinggir jalan raya.

Setelah menunggu, gue disapa Miss Eva, bagian admisi sekaligus marketing, diajak langsung ke ruang admission di samping lobi. FYI, lobbynya cukup kecil, jadi kalau lagi ramai kaya gitu, bener-bener hectic rasanya.

Ruangan admisi, cukup buat duduk 2 parents. Miss Eva ngejelasin soal culture dan kurikulum yang bakalan gue dapet kalo anak gue jadi sekolah di situ. Point-pointnya cukup membuat gue tertarik, diantaranya:
  • Sekolahnya nggak ngutamain Akademis. Karakter diutamakan. Quote yang gue inget dari Miss Eva: Buat apa anak pintar Math, tapi nggak bisa antri.
  • No Homework. Nggak ada PR, cuma ada Project. Demen gue nih, secara mapel anak sekarang susah banget Bund (hasil ngintip buku mapel milik ponakan). Nggak mungkin kan, pas gue ngebantu ngerjain PR anak, gue apa-apa kudu googling dulu.

  • BIAYA (ni, yg lu tunggu-tunggu kan????) Menurut gue masih affordable, gue spill ya (permisi ya Miss Eva hihihi...)
Enrollment Fee: Uang Pangkal. Dibayar 1 x untuk 6 tahun. Bisa di cicil. 
Udah termasuk Buku tahun pertama, seragam 3 buah. Psiko Test.
Tuition Fee (Monthly): Uang Sekolah tiap Bulan. Bayar Setahun langsung gratis 1 bulan.



Nih kalo makin belakang daftar, diskon makin kecil.
Misal lo nungguin hasil entrance test sekolah lain.


WAIT, WHAT????


  • Affordable kata lu, Meg??? Masih mahal euy. Ya sih. Cuma ini CAMBRIDGE ya, jadi tolong mengerti bahwa, kurikulumnya internesyenel, jadi beda gitu loh. Menurut gue, affordable dibanding CAMBRIDGE SCHOOL yang lain 😁😁. Nih, kalo mau cek sekolah lain yang pake kurikulum CAMBRIDGE ya, klik link ini:

Rata-rata sekolah itu bulanananya 5 juta ke atas. Sophos masih setengahnya, jadi menurut gue masih affordable dibanding sekolah CAMBRIDGE YANG LAIN.  

  • Entrance TEST: Math, Bahasa Indonesia, English, Science dalam versi anak TK. Kata Miss Eva sih, gampang testnya. Biasanya anak-anak bisa kok, Bu. nghokeyyy.... ENTRANCE TEST dilakuin sekaligus sama TRIAL barengan anak kelas 1 yang lagi kegiatan belajar tahun ini. Tahapan Proses kaya gini ya:
1. School tour
    2. Pembelian form - 500 rb
      3. Trial Dan entrance test
        4. Interview dengan kepala Sekolah
          5. Keputusan lanjut/ tdk
            6. Pembayaran admission bila lanjut
              7. Umur Seragam, dokumen2 dll
                8. Siap unk tahun ajaran depan


                *Diskon ditentukan berdasarkan BULAN pembelian formulir yang 500ribu itu.

                • KURIKULUM: Merdeka + Cambridge 
                Ujian Nasional udah nggak ada di Sophos (BARU TAHU GUE!) digantikan ujian Sekolah dan atau CAMBRIDGE TEST yang bisa diambil dengan tambahan biaya kurleb 2jutaan.
                • BAHASA PENGANTAR: ENGLISH kecuali Agama, PKN, Bahasa Indonesia.
                • Seragam: Dapet 3 tuhkan, dipakek Senin, Selasa, Rabu. Kamisnya pakai PRAMUKA (Cari sendiri) dan Jumat Batik (Cari Sendiri).
                • Tidak ada sistem Ranking. (NICE πŸ‘Š)
                • KELAS:
                Per kelas 18 orang aja. Nggak Lebih. Ada 3 kelas nantinya untuk tahun ajran 2024/2025. Tiap kelas beda cara belajarnya. Nah ini yang MENARIK menurut gue. Jadi PSIKO TEST baru diadakan waktu udah FIX KETERIMA. Buat ngecek dia masuk di kelas yang mana:
                - Kelas 1 A: Pembelajaran Audio
                - Kelas 1 B: Pembelajaran Visual
                - Kelas 1 C: Kinestetik (Bisa dua-duanya)




                Mantap nggak tuh. Biasa ada temen lo kan yang kalo dijelasin kudu pake gambar, ya berarti dia anak Visual, sedangkan temen lo yang anaknya kudu dijelasin pake penjelasan presentasi blablabla omongan, biasanya masuk ke pembelajaran Audio. 

                Nah ini diperhatikan juga sama mereka. Jadi tiga tipe anak ini nggak bisa disamain jenis pembelajarannya.

                • NO HANDPHONE sampai kelas 6 SD. Wow. Bahkan jam tangan yang model ala-ala bisa nelepon tuh, nggak BOLEH. HP Baru boleh waktu masuk SMP/SMA, soalnya banyak project yang pake HP.

                • EKSKUL WAJIB PRAMUKA. Lainnya Opsional, boleh ambil atau nggak. Tapi kalau mau ambil FREE, gretong, nggak pakai nambah biaya EKSKUL lagi. EKSKUL ada banyak. Basket, voli, taekwondo, robotik, tarian tradisional, modern dance, drawing, dll. 

                • TIDAK ADA KANTIN saat ini. Sophos lagi tahap pembangunan. Jadi Miss Eva juga nggak tahu kedepannya ada kantin atau nggak. Dulu sih ada, tapi ikut direnovasi dan belum ada lagi. Jadi soal Bekal, diatur ortu masing-masing. Biasanya sih tiap kelas ada parents yang mendadak buka catering, jadi no worries, bisa join sama mereka. Tapi itu semua di luar tanggungjawab pihak sekolah ya, jadi sekolah nggak mengakomodir, cuma ngasi info aja.

                Proses Pembangunan Sekolah Sophos, lokasi disamping gedung persis.
                Ini dulunya kantin sama Lapangan.
                Kedepannya bakalan jadi gedung baru: Lapangan indoor, kelas-kelas baru untuk SMP dan SMA.

                • ADA PSIKOLOG Stand by. Selain memberikan mapel terkait karakter, psikolog juga menangani pembullyan dan problem murid.
                • Drop in dan Drop out murid, langsung di depan lobby persis. Kalau anak lo belum siap, bakalan disuruh muter lagi wkwkwkwk. Jadi biar meminimalisir kemacetan parah. Ortu nggak boleh ikut masuk ke dalam kecuali acara khusus PARENTS. Tenang aja Bund, di Lobby udah stand by para homeroom teacher yang langsung nangkep si anak yang turun dari mobil. Parkiran terbatas ya Bund, jangan berpikir untuk parkir terus nurunin anak dengan centyl.
                • Tingkat kemacetan, gue pas liat jam pulang kemarin, masih okelah. Nggak mengular, nggak yang super panjang sampe mengganggu aktivitas pengguna jalan lain.


                • Apalagi yeee? Oh, soal SEPATU. Sepatu harus hitam, tapi ada garis putih dikit-dikit masih okelah. Gue nemu ada sekolah di Gading Serpong yang HARUS HITAM TOTAL. Bahkan tulisan juga nggak boleh putih. Phylox aja kalo perlu. WEW.
                • Rambut dan Kuku nggak boleh di cat. Eh tapiiii, gue ada nemu sekolah di BSD yang ngebolehin muridnya gondrong sampe ngecat rambut. 😈NEXT gue bahas yagesya.
                • Pelajaran Agama. Seperti biasa, ada ruangannya sendiri, jadi nanti para siswa keluar dari kelas sesuai agama dan jadwal masing-masing.

                MINOR (HAL YANG BISA DI IGNORE, KALAU EMANG TETEP MAU MASUK. ITS NOT THAT BIG DEAL.)

                • Kelas 1 katanya bakalan di lantai 2 nantinya. Ini bikin gue agak worries sih, soalnya sekolah lain, kelas 1 rata-rata di lantai dasar. Sekarang sih masih di Lantai 1. Tapi kalo gedung udah jadi, kelas 1 bakalan naik ke atas.
                • Lorong-lorong koridor antar kelas agak terbatas. Jadi kalo orang dewasa banyak nggak bisa berdiri banyak-banyak. Tapi kalau anak-anak beda mungkin ya. Badan mereka kan kecil-kecil.
                Lantai 1, lobby plus deretan kelas 1.



                Koridor Lantai 2


                Ruang Komputer

                Contoh ruang kelas 1


                • Snack yang dibawa, terutama kalau hari JUMAT, nggak boleh ada MSG, cepat saji, fast food dll. Nugget, sosis, olahan bakso, disimpen dulu Mommy. Bye bye deh tuh TARO & chiki balls rasa ayam Favorit anak gue.
                • JEMPUTAN khusus yang diakomodir sekolah nggak ada. Kalau mau kerjasama sama parents lain yang udah pakai jasa jemputan khusus. Jadi intinya nih ges, PERBANYAKLAH temen ibu-ibu lain. Welcome to grup WA ibu-ibu parents ya.... 
                • JUMATAN, kalau cowok, diantar sama shuttle milik sekolah keluar. Masjidnya sih nggak jauh katanya. Cuma keluar sekolah. Dan ada yang ngejagain dari bagian homeroom teacher yang ditunjuk.
                • MASALAH TOILET, yes, anak gue udah bisa pipis sendiri. Tapi PUP dan cebok sendiri belum bisa. Apalagi PUP nya selalu harus ditemenin dan celana dilepas semua πŸ˜“. Untuk Pup keknya harus gue training secepat mungkin. TOILET Di Sophos standard aja. Wastafel sih sizenya pendek, jadi bocil bisa jangkau dengan mudah. 
                Last but not least, BINTANG berapa untuk SOPHOS SCHOOL INDONESIA?

                • Fasilitas & kurikulum: ⭐⭐⭐⭐⭐
                • Jarak rumah ke sekolah: ⭐⭐⭐ (kurang lebih 30 menit dari rumah gue di Gading Serpong)
                • Ambience :⭐⭐⭐⭐
                • Keamanan & kenyamanan : ⭐⭐⭐⭐
                • Biaya: ⭐⭐⭐⭐⭐ (Masih affordable dibanding CAMBRIDGE yang lain)


                Ohya, maap kalau SOPHOS fotonya dikit, karena asli, Miss Eva udah ditungguin Parents yang lain, jadi nggak bisa banyak foto-foto. Nah segitu aja review singkat-nggak-singkat soal SOPHOS SCHOOL INDONESIA. Yang butuh kontak Miss Eva, email gue aja, DM atau WA buat yang tahu WA gue ya. Jangan lupa kalo mau cek soal beberapa sekolah lain ada di postingan ini:




                CIKAL (coming Soon)




                After all, selamat berburu sekolah di BSD bagi yang berburu, bagi yang cuma pengen tahu aja, semoga mencerahkan dan memberikan inspirasi, misalnya untuk semakin MENABUNG. Ceilah, kaya orang bener aja gue. CIAO!









                No comments: