Mencari SD di Tangerang: Binus School Part 2 - LIFE AT TOMATO FAMILY

Thursday, September 21, 2023

Mencari SD di Tangerang: Binus School Part 2

Visit kedua gw ke Binus sebenernya agak kureng berkesan dibanding dengan visit pertama gw. Kenapa? Mungkin karena memang kali kedua, jadi udah ga terlalu excited banget. Dan karena posisinya udah masuk musim kemarau, di mana panassss banget keliling kemana-mana. 




Dan, karena OPEN HOUSE besar-besaran, parents yang datang itu buanyak bangetttt. Asli. Sampai school tournya dibagi menjadi beberapa batch. Oke, gw ceritain kisah gw hari itu sebelum keburu lupa. 


OPEN HOUSE BINUS biasanya diadain tiap Agustus. Dan entah kenapa pasti akan kebarengan banyak sekolah swasta lainnya yang OPEN HOUSE


Kenapa kudu ikut OPEN HOUSE sih? Ya biar enak aja berbagi informasi ke calon murid. Biasanya penjelasan tentang sekolah lebih lengkap daripada kalian datang sendiri ke sekolah dan minta dijelasin secara pribadi. Dan satu lagi, DISKON! Yes, OPEN HOUSE, apalagi kalau early bird (tahun sebelum masuk) bisa lumayan gede. Kaya di Sophos School yang udah kemarin gw jelasin.


Untuk tahu soal kapan diadain OPEN HOUSE, lo kudu mantengin sosial media mereka. Kalo yang kurang update di Sosmed kaya Sophos School, lo bisa tanya langsung sama marketingnya. Kalau BINUS pasti diupdate kok di sosmed mereka, jadi tinggal follow aja.


Setelah ngisi form di link yang dikasi mereka di sosmed, mereka kasih semacam barcode, yang nanti ditunjukin waktu OPEN HOUSE Binus. Kemarin waktu gue, ditunjukin di pintu masuk SJUMAN HALL (maap kalo salah tulis), gedung yang dipakai OPEN HOUSE.


Tenang aja, H min berapa gitu, si marketing akan rajin ngingetin dan mastiin lagi kedatangan kalian kok.



Hari yang ditunggu tiba. Gw diarahkan untuk masuk lewat Gerbang yang di jalan raya Jelupang. Actually, itu kali pertama gw lewat sana. Yang mana, ternyata jalannya kecil ya, bo. Bocoran aja nih dari temen gw yang rumahnya daerah sana, tiap pagi, macet banget jalan itu untuk antrian masuk ke dalam Binus.


Cuma karena gw pas bukan hari sekolah (OPEN HOUSE nya sabtu btw) jalan itu nggak macet samsek. Ya rame biasa aja, soalnya ternyata kalo terus lurus bisa masuk ke pintu tol.



Di pintu masuk hall, seperti yg gw bilang, ditagih itu barcode. Gw pikir di scan, tapi ternyata ditunjukin aja, terus gw dikasi goody bag isinya notes dan pulpen. Yang ternyata ketinggalan di kursi wkwkwkwkw. Jadi gw pulang dengan tangan hampa.


Kaya gini isi goody bagnya. Sesuai warna Binus: Merah maroon


Setelah dikasi goody bag, parents disuruh duduk di dalem hall, yang udah diisi sama deretan kursi yang banyak banget, kaya semacam nonton konser. Di pinggir-pinggir area, beberapa ekskul menampilkan booth mereka, ngasih penjelasan, tentang kelebihan dan kekurang ekskul-ekskul tersebut.


DISCLAIMER!!!!


Setelah ini, gw bakalan ngasih pendapat "MENURUT GUE" yang berarti bisa aja berbeda dengan pendapat kalian masing-masing. Jadi jangan HURT FEELINGS ya, terutama yang memang berkeinginan masuk dan udah cinta mati sama BINUS.


Semampu gw, gw akan tetap bersikap obyektif. Karena gw ga mau juga jadi memberikan kesan positif/ negatif berlebihan sama almamater sekolah suami gw dan juga bakal calon universitas anak gw nanti.


OPEN HOUSE dibuka dengan penampilan para siswa-siswi. Ada yang nyanyi, dancing, ngeband, sampai paduan suara. Amazing sih liat penampilan mereka. Big applause buat keberanian mereka tampil di depan orang sebanyak ini. Nggak gampang loh. Gw aja masih gemeteran kalo tampil di panggung kaya gitu.


Siap Menanti Performance bersama Parents lain


Cuma, penampilan tersebut tidak menarik perhatian anak gw sama sekali. Bagi gue pun, mereka kaya ngehapal teks atau disuruh gerak yang monoton aja. Straight forward dan kaku kalo gw bilang. Dari sini suami gw bilang, ini gurunya gak update trend masa kinikah? Kok anak-anaknya kaya kaku-kaku banget 😂😂


Positif thinking aja, namanya juga pendapat ya. Gw sih mikirnya bisa aja waktu latihan mereka mepet, karena kan OPEN HOUSE pake penampilan kaya gini udah lama nggak ada. Kemarin-kemarin kan pandemi. Bahkan sempet Online OPEN HOUSE dan OPEN HOUSE terbatas, dikasih jarak gitu duduknya.  Jadi, mungkin saja jadi kurang berseni atau gimana. 




Setelah penampilan-penampilan tsb, ditampilinlah slide-slide tentang profil Sekolah Binus, dijelasin juga sama salah satu manajemen mereka. Plus trakhir slide soal biaya. 


Setelah itu, bubar? Enggak dong. Dibagi jadi 2 kloter. Bagian yang mau school tour dulu dan bagian yang langsung ke admisi, konsultasi soal biaya.


Admisi disediain banyak banget. Cuma, karena parentsnya banyak yang datang juga, jadi tetep aja antri wkwkwkwk.


Tuh antriannya begitu, dasyat kan? Berasa antri bank ya?


Karena suami gw liatnya madesu, dia akhirnya memilih school tour dulu. Yang lagi-lagi dibagi beberapa kloter. Gw ga tahu kloter berapa, yang pasti gw milih yang EL alias Elementary. Terus kita ikut petugas atau entah teacher untuk keliling.



Kelilingnya kurang nyaman menurut gue. Kebanyakan orang. Jadi kalau mau nanya harus kenceng, jelas pake angkat tangan dulu pula. Dan petugas yang ngajak muter ini kaya kurang informatif gitu. 





Beberapa yang gue tanya juga berbeda banget sama yang dijelasin ama Marketing kemarin yg keliling sama gue dengan group kecil itu. Antara lain yang beda adalah:


1. Ada PR.
2. Buku dibawa pulang.
3. Ekskul ada yang free dan ada yang enggak. Yang free biasanya akan rebutan, cepet-cepetan klik di website. Tapi kalau yang berbayar, dikasih contoh: balet sekitar 3.7 per tahun.


Beberapa informasi itu aja udah bikin gw meleyot. Alias pelan-pelan mundur dari keramaian. Wkwkwk. 



Tapi demi informasi ke kalian, gw tetep dong ngantri ke admisinya. Setelah satu jam mengantri, gw pun akhirnya maju dan duduk bersama admisi yang kosong saat itu. Anak gw udah ngisi perutnya yang udah mulai lapar dengan jajan di sekitaran area hall. Jajanan ini yang jualan parents Binus dan murid-murid.


Seperti yang udah gw tampilin di sosmed gw, tentu saja harganya berbeda dengan tahun sebelumnya. Wajar sih, sekolah swasta emang biasanya kaya gitu. Sekarang gw post biaya tahun 2024/2025 ya:




Tenang aja Bund, kalo datang OPEN HOUSE, Enrollment Fee akan ada diskon lumayan. Plus, seperti yang gw bilang sebelumnya, kalo parentsnya alumni binus bisa lebih enak lagi. Ada tambahan diskon lagi 10 %. Mantap kan???? Yang emang udah niat masuk ke Binus, cuss deh ah ambil kesempatan kalo pas OPEN HOUSE. Tapi kalo masih maju mundur kek gw, yaaaaa baiknya dipertimbangkan lagi. 

Spill biaya tambahan lain-lain:

1. Paket buku Grade 1

Fyi, buku agama dipilih sesuai agama masing2. Jangan semua dibeli. Wkwkwk.


2. Biaya seragam


3. Ekskul

Kalo mau hemat, ekskul free macem basket, volly dll banyak. Tp cepet2an. Siap2 NGEWARRRRRRR.

Yg berbiaya juga ada, pastinya ga se-ngewar yg free yah. Gw cm tahu balet. 3.7 jutaaa per tahun. Murahan mana sih sama balet di luar? Ga tau gw, soalnya anak gw ga pernah ikut balet.


Melihat informasi mengenai PR dan harga buku, gue aslinya dah pasti nggak akan lanjutkan anak gw untuk ngedaftar di sana. Tapi, buat parents yang memang sudah pengen banget ke sana, gue rasa nggak papa sih. Ini tentang mindset aja dan pilihan. Gw memilih sekolah yang akademis dan non-akademis seimbang. Dan Binus belum bisa memenuhi pilihan gw tersebut.


Walaupun iyaaaa banget, sekolahnya fasilitasnya YAHUD. Suami gw aja ngeliat kolam renangnya terheran-heran plus Indomaret mini yang ada di seberangnya. 


Tapi mengingat spill-an temen gw soal kemacetan, mungkin ya, mungkin, buat kalian yang bertahan tetep mau ke Binus, coba aja berangkat lebih awal. Atau kalau males ya udah sih, pake aja Antar Jemput. Nanti Vendornya akan diinformasikan kok kalau udah fix masuk ke Binus.


FYI aja, temen gw ada yang pakai fasilitas ini di Binus. Dan dia pakai jasa Jemput doang. Karena kalau anter, temen gw bisa akomodir sendiri. Katanya sekitar 400 atau 800 gitu yah, duh lupa gw. Pokoknya under 1 juta ye.


The last, saran gw, jangan dadakan nyari sekolah. Kalau bisa browsing ketika anak lo masih piyik. Yes, browsing aja dulu. Banyak pasti yang spill sekolah-sekolah di area kalian. Terus kira-kira per tahun tambahin kenaikan harga maks di kisaran 10 % ya. Kalau udah mantep kerucutin jadi 5 opsi, pantengin kapan OPEN HOUSE



Tak kenal, maka tak sayang. Kenal dulu aja lewat OPEN HOUSE terus pikirkan yang sesuai budget kalian. Nggak ada sekolah yang SEMPURNA. Yang ada sekolah pilihan terbaik buat kalian. Terbaik dalam segi budget, lokasi, kurikulum, atau bahkan model seragamnya. 


So, see you in the next review ya! Gue bakalan review soal Cikal. Btw aslinya, gue udah pernah ke Cikal Serpong sebelumnya. Dan tahun ini bakalan jadi kunjungan kedua gue ke sana. Yah semacam memantapkan hati. 





No comments: